Rooney Biang Kekalahan United?

rooney-biang-kekalahan-united

Tak Maksimal Sebagai Gelandang Serang

Manchester United lagi-lagi menelan pil pahit usai menyerah atas Watford 1-3 pada hari mingggu lalu. Banyak yang menyebutkan bahwa performa Wayne Rooney cukup buruk dalam laga yang digrelar di markas Watford tersebut.

Jose Mourinho menugaskan Wayne Rooney sebagai gelandang serang dalam laga kontra Watford tersebut. Namun sayang, penyerang yang kerap dijuluki Shrek itu gagal menjalankan tugasnya sebagai motor serangan tim setan merah.

Dalam laga kemarin, usaha Rooney untuk membongkar pertahanan Watford terlihat sangat buruk. Hasilnya, para penyerang skuad asuhan Mourinho seperti Zlatan Ibrahimovic dan Marcus Rashford terpaksa harus turun ke bawah untuk menjemput bola hingga beberapa kali.

Berkat permainan buruk tersebut, United pun terpaksa pulang dengan kepala tertunduk setelah wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir dengan Watford membungkus kemenangan sempurna 1-3 di kandang sendiri.

Watford membuka kemenangannya melalui gol Etienne Capoue di menit ke-34, sekaligus menutup babak pertama dengan skor sementara 1-0 untuk tim tuan rumah. The Red Devils baru mampu menyamakan skor pada menit ke-63 melalui gol yang diciptakan oleh Marcus Rashford.

Gol dari Juan Zuniga pada menit ke-83 akhirnya membuat tuan rumah kembali unggul. Di penghujung pertandingan, penalti Troy Deeney pun melengkapi penderitaan Manchester United yang kembali harus merasakan kekalahan setelah laga derbi manchester minggu lalu.

rooney-biang-kekalahan-united-2

Rooney Terancam Dicoret dari Skuad Inti

Sejak tak lagi dipimpin oleh Sir Alex Ferguson, Rooney memang terlihat kerap memainkan peran baru sebagai gelandang pengatur serangan Manchester United. Begitupun saat ini, dalam skema 4-2-3-1 ala Mourinho, Rooney dimainkan agak sedikit turun ke bawah, tepat di belakang penyerang ujung.

Kontribusi Rooney untuk tim yang bermarkas di Old Trafford tersebut pun kini terlihat lebih meurun, tidak seperti saat Rooney memainkan peran sebagai shadowstriker . Ironisnya, Mourinho sebenarnya memiliki sejumlah nama yang lebih baik dari Rooney dalam segi kualitas untuk mengisi di posisi tersebut seperti Juan Mata atau Henrikh Mkhitaryan.

Penurunan kualitas bermain sang kapten pun tak luput dari perhatian para pengamat sepakbola. Melalui sebuah jajak pendapat (polling) dalam situs Red Issue Sancturary menyatakan bahwa sekitar 99,08% hasil survey menyebutkan bahwa Wayne Rooney kini tak lagi layak untuk mengisi skuad inti Manchester United musim ini..

Situs yang kerap dikunjungi mayoritas para fans United tersebut menilai bahwa peran Rooney tak banyak dalam laga tersebut. Sebuah hal yang wajar dimana pada saat itu Rooney terpaksa bermain di posisi yang bukan menjadi spesialisasinya selama ini.

Hasil dari jajak pendapat tersebut seolah menjadi doktrin untuk Mourinho untuk tidak memaksa memainkan Rooney sebagai starter. Seperti semacam penegasan atas pernyataaan Mourinho sebelumnya yang mengaku tidak masalah untuk mendepak Rooney dari skuad inti Red Devils jika memang sang pemain tak banyak berperan bagi tim.

“Saya bisa saja mencoretnya (Rooney) dari skuad inti. Hal tersebut bukanlah masalah baik bagi saya dan juga untuk dia,” ujar Mourinho saat ditanya oleh media setempat.

This entry was posted in Berita, Hasil and tagged , , , . Bookmark the permalink.